people

PSU-500W (CORSAIR CX 500)

Rabu 25 januari 2012,
Dengan penuh semangat saya menekan tombol power pada komputer.

te'k...
*bunyi tombol powernya*
.....
*lampu pada fan menyala (<1detik), fan berputar sebentar lalu mati*
*lampu pada vga menyala (<1detik), fan  vga berputar sebentar lalu mati*
*fan processor berputar sebentar, lalu mati lagi*
#Zleg... *firasat buruk*
Saya mencoba berulang kali menekan tombol power hasilnya sama nihil,,,
dengan inisiatif saya mencoba dengan mencabut dan memasukkan kembali stop kontak ke sumber arus, hasilnya sama saja, komputernya tidak bisa menyala.

hmm..
perhatian sayapun tertuju pada powersupplynya,
tidak ada bau hangus dan tidak ada tanda-tanda komponen terbakar.

PSU yang saya gunakan ialah CORSAIR CX 500 yang saya beli bulan juli 2011 di mangga dua Jakarta, garansinya 3 tahun, dan saya baru menggunakannya sekitar 6 bulan, harganya lumayan (waktu itu 505rb) #lg apes aja mungkin


Tadinya saya ingin bongkar tuh PSU karena tidak sabar dan deadline tugas akhir menunggu, tapi berkat saran teman dan setelah tanya kesana kemari akhirnya niat untuk membongkar PSU urung saya lakukan.

#nih cara ngecek PSU masih OK apa ngga :

  • Lepas semua kabel PSU yang kehubung ke mainboard
  • Dari kabel main power (yang 24 pin), hubungkan kabel ijo dan kabel hitam seperti pada gambar di atas
  • Lalu, hubungkan kabel power AC ke sumber tegangan.
  • Liat deh hasilnya, kalo kipasnya muter berarti PSU masih OK, kalo kipasnya ga muter ya wassalam... :D

Klaim garansi tidak bisa saya lakukan secepatnya karena jarak Cilegon - Jakarta yang lumayan, akhirnya berkat saran seorang teman saya memutuskan untuk membeli PSU cadangan yang harganya murah. PSU 500w yang harganya dibawah 100rb sulit dicari, yang saya dapatkan ialah PSU 450w merek e-pro dengan harga 90rb, itupun tidak sesuai dengan cassing kompi yang saya pakai.. #Sementara, yang penting nyala dulu :)

*Hasilnya PSU cadangan dipasang ngegantung, karena kabelnya tidak sampe ke mainboard. :D

2 bulan kemudia, setelah ada waktu dan biaya ke jakarta barulah saya bisa mengurus garansinya, Barangnya diganti dengan yang baru* \o/.

*dengan catatan :
PSU lama segel garansinya belum rusak dan tidak ada cacat fisik
dan jangan lupa bawa dus(karna ga ada kartu garansinya) sama tanda terima pembeliannya.

0 comments:

Post a Comment

Tingalkan komentar anda!