people

Yogyakarta memories

30 September 2012
Ini kali ke 3 gw nginjekin kaki di kota Yogyakarta (Jogja). Berbeda dengan yang terdahulu, kali ini gw ke Jogja sendiri. Icak - icaknya pengen backpackeran, liburan merefresh otak dari kegiatan kampus yang bikin penat, nyobain naik pesawat, dan yang utamanya melepas kangen sama pacar (itu dulu pas masih punya pacar :D). #dasar si jomblo

Kata-kata orang pinter yang pernah gw denger sih "Nasi udah menjadi bubur" tapi ya mau digimanain lagi, ga mungkin juga dibuang, sayang kali, masih banyak di luar sana yang membutuhkan, mending kita kasi kacang, kecap, irisan ayam plus kerupuk..*dimakan deh..nyam-nyam :9
#just intermezzo

Yup, angsung aja gw ceritain pengalaman 3 hari gw di Jogja.
Bingung... turun dari pesawat mau kemana, berbekal pengalaman dari cerita temen-temen yang ada di blog gw memutuskan untuk mencari penginapan di pusat kota Jogja yaitu Malioboro. Keluar dari pintu kedatangan bandara langsung gw cari shelter / halte trans jogja. Letaknya ga jauh dari pintu keluar, tinggal liat petunjuk arahnya (pintu kedatangan > ke arah kanan > ada petunjuk arah > ambil ke arah kiri (shelter trans jogja) > nanti ngelewatin lorong bawah > di ujung jalan ambil kiri > nah keluar pintu udah keliatan itu shelternya). Cuma 3ribu dah nyampe Malioboro. :D
>Nih rute transjogja / map transjogja

nyampe di malioboro buru-buru nyari penginapan karena waktu sudah menjelang malam, dan langsung dapet rekomendasi dari seorang teman (yang tidak mau disebutkan namanya :D) di Jalan Dagen tepatnya di Hotel Puntodewo.
Yogyakarta
Tempat nginep selama di Jogja
biaya per malamnya 100ribu, ini sebanding jika dilihat dari lokasinya yang strategis (di pusat kota, dekat dengan halte transjogja tinggal jalan aja kemana-mana) dan fasilitas yang ditawarkan (kamar mandi di dalam, ruangan yang bersih, kipas angin dan sarapan pagi).

Karena tidak ingin menyia-nyiakan waktu, setelah bersih-bersih langsung jalan ke luar menyusuri jalan Malioboro ke arah selatan dan berhenti menikmati malam kota Jogja di titik nol (Monumen Serangan Umum 1 Maret).
Monumen Serangan Umum 1 Maret; Yogyakarta
indahnya suasana malam Jogja di bawah sinar bulan purnama penuh.
Puas 'cuci mata', waktu juga mulai larut, gw memutuskan untuk balik ke penginapan.

#1st Day (1 Oktober 2012)
Hari pertama di Jogja gw memutuskan untuk jalan ke UGM dan Prambanan, berharap dapet kenalan baru di kampus :D.
Nyampe UGM, langsung gw jalan muter-muter.
Fiuh, kampusnya gede banget. Ga keputer sob, dan apa yang gw cari ga ada :D (nyari buku..oy), akhirnya gw balik lagi ke halte transjogja dan memilih untuk ke candi Prambanan.

Universitas Gajah Mada
Turun dari halte trans jogja langsung naik bentor (Becak-motor) > 10ribu
Becak Motor ke Prambanan
Tiket masuk Candi Prambanan 30ribu, saat itu candi lagi sepi pengunjung, ga bawa tripod dan ga ada 'tripod idup', alhasil miring-miring dah dokumentasinya. Tapi tetep eksis apalagi pake aksesoris selempangan batik yang diiketin di pinggang (ini aksesoris di pinjemin sama pihak prambanan di jalan pintu masuk candi), tambah keren aja nih si kurus :D

Prambanan - Qibow 1
Prambanan -Qibow 2
Prambanan - Qibow 3

Hari menjelang sore dan udah banyak jepret-jepret saatnya balik lagi ke penginapan.
---#
Ga ada lelah terasa di Jogja, pengennya jalan-jalan terus. Untung aja ada guide manis yang sore itu dateng dan ngajakin keliling kota Jogja sekalian mencari santap malam untuk mengisi perut. (terimakasih mbaknya :) di tengah kesibukannya udah luangin waktu buat anter keliling-keliling walaupun cuma sebentar)

#2nd Day (2 Oktober 2012)
Subuh-subuh dah ada yang bangunin tidur... ckkcckk.. ga tau apa masih kurang tidurnya :p
ternyata mpo (my sister) yang bangunin buat solat subuh dan nanyain kabar.
langsung aja abis itu gw mandi jebar-jebur, solat subuh trus jalan-jalan. (tujuan alun-alun selatan Jogja)
---#
Yang gw tuju alun-alun selatan jogja, dengan berbekal navigasi alam (matahari) gw mulai menuju ke selatan (yang penting jalan dulu, kalaupun nyasar masih punya mulut ini buat nanya :D). Gw jalan menyusuri bagian barat keraton. Sempet bingung, ni jalan ko belok-belok ga ketemu tuh pohon beringin kembar khas alun-alun selatan Jogja. Akhirnya setelah hampir putus asa :D, gw nanya ke mbah-mbah tukang becak.
Gw : B & Mbah Tukang Becak : M

B  : "Mbah punten mau tanya, kalo jalan ke alun-alun selatan ke arah mana yah?"
M : "Masnya dari mana?"
B : "Saya dari cilegon mbah lagi liburan" (kayak tau aja nih si mbah cilegon dimana :D)
M : "lho ko sendirian?"

(#nasib jomblo --")
B : "iya, temen saya lagi kuliah ga bisa nemenin"
----mbah pun mengajak saya jalan ke dalam kawasan keraton, lalu menunjukkan jalannya----
saya lupa kata-kata mbahnya karena bercampur bahasa jawa, tetapi kurang lebih intinya seperti percakapan ini.
M : "jalan lurus aja, nanti ketemu jalan buntu ada gambar naga 2, tapi sebenernya ngga buntu, di balik itu ada pintu yang ke arah alun-alun selatan."

B : ow..iya, matur nuwun ya mbah..
M : "nggih..nggih.."

Baik banget tu si mbah nunjukkin jalan pintas ke alun-alun selatan, ngeri sob sebenernya masuk wilayah keraton, takut ga bisa keluar :D. Tapi salut gw dengan budayanya disini, yaitu ada budaya matikan mesin motor dan menuntun motor saat masuk wilayah keraton ataupun gang-gang kecil. Kalo di wilayah gw, ataupun di jakarta wilayah pemukiman padat penduduk,, hhmmm,, mana ada yang begitu, yang ada tengah malem masih denger motor masuk gang dengan kenalpotnya yang berisik.. ganggu orang tidur banget tuh. #Salutejogja

Atas : Alun-alun Utara;
Bawah : Alun-alun Selatan
Udah puas liat-liat yang lagi jogging di alun-alun gw lanjutin perjalanan pagi itu ke "Museum Benteng Vredeburg", yang letaknya di kawasan nol kilometer Yogyakarta.
Pengunjung pertama nih gw..hahaha... jam 8 pagi... belum ada orang.
Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg ini dulunya ialah benteng pertahanan yang dibangun pada masa Belanda, tapi sekarang bangunan ini dijadiin Museum. Di dalamnya terdapat benda-benda yang menjadi saksi bisu sejarah dan diorama perkembanan kota Yogyakarta. Tempatnya bagus juga nih buat photo - photo :D
---
Abis itu menuju pasar Beringharjo, bukan buat nyari batik or oleh-oleh tapi nyari buku murah buat syarat bebas pustaka di kampus gw..hahaa... niat amat nyarinya sampe Jogja.. :D, Hidup adalah perjuangan mas bro :)
Ternyata bukan di pasar Beringharjo yang terdapat banyak buku-buku literatur bekas ataupu baru, setelah bertanya ke pedagang yang ada di sana lokasinya ada di belakang pasar Beringharjo, arah dari masuk gang (kalo di peta nama jalannya jl. pabringan) lurus aja sampai ada perempatan nanti belok ke kanan (nama tempatnya Taman Pintar kalo ga salah). Buku-buku yang di jual disini beragam tapi kebanyakan si buku kedokteran begitu, gw nyari buku teknik dikit banget tapi untungnya ketemu juga yang dicari, bisa di tawar pula :D. (Alhamdulillah ga sis-sia ke Jogja :D)

Fiuh... capek juga nih jalan terus dari tadi, panas banget..
balik ke penginapan naik becak deh..

Pasar Beringharjo
---
Next destination, Cari Tiket Bis buat pulang,...
Let's Go to Terminal Jombor, lagi dan lagi naik TransJogja :)
Terminal Jombor
Untung aja dapet tiket bisnya, sisa 2 bangku.. huhu.. masih rezeki.
---#
Beberapa kali ke Jogja belum pernah masuk ke keraton, karena setiap ingin masuk pasti dah tutup. maka dari itu gw sempetin sore itu ke keraton.

Keraton Yogyakarta
nah kalo di kraton ada galeri foto kereta kuda, di museum kereta kita bisa liat kereta kuda aslinya, nih penampakannya -->
Koleksi Kereta Kuda Kraton Yogyakarta
Koleksi Kereta Kuda keraton Yogyakarta - @ Museum Kereta
---#
dah waktunya solat ashar dan gw pun memutuskan untuk sholat ashar di Masjid agung Yogyakarta.
Masjid Agung Yogyakarta
Solat di Masjid ini jadi inget Filemya Hanung Bramantyo yang judulnya "sang Pencerah", Di Filemnya nyeritain KH Ahmad Dahlan yang dituduh kafir karena mengubah arah kiblat sesuai dengan arah kompas. Dan pada bangunan aslinya memang arah kiblat agak menyerong dari arah bangunannya.. :D
---#

hari itu sore terakhir waktu gw liburan di Jogja mampir ke POSYANDU katanya mah Pos Pelayanan Dagadu (lokasinya di Jl. Pekapalan No.7 Alun-alun Utara), hehe... kreatip bener dah.. D
dapet nih beginian-->

Kapan lagi ke Jogja by Dagadu
Kapan lagi ke Jogja?
dan gw jawab "suatu hari nanti, ntah kapan. Dan yang pasti Jogja tetap indah dengan segala ceritanya"
---finished#

Unknown said...

asik jadi juga ke jogja.. tahun lalu berharap bisa ketemu seseorang di jogja, apa daya jalan sendirian deh. hehe..

qibow said...

hahaha... no one knows what will happen in the future #tsah :D